Monday, June 22, 2009

Rahasia Menejemen Hubungan Pelanggan

Perkembangan dunia usaha yang semakin maju menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin ketat. Salah satu cara untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Karena dari hasil penelitian mempertahankan pelanggan yang sudah ada jauh lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru. Sangat penting untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat. Kehadiran Customer Relationship Management (CRM) akan mampu untuk mengatasi masalah tersebut di atas karena tujuan CRM adalah untuk mendapatkan inti dari konsep pelanggan yang tidak jelas dan meletakkannya dalam kerangka aplikasi. Dalam prosesnya, CRM menunjukkan bagaimana pemasaran bekerja dan sistem yang dijalankan harus mampu mendukung lingkungan e-commerce.Tulisan ini membahas tentang teori CRM, sejarah hingga perkembangannya ke masa depan.

Customer Relationship Management (CRM)
Merupakan Strategi pemasaran yang menitikberatkan pada hubungan baik dengan pelanggan. Karena tanpa pelanggan, sebesar apapun produk yang kita miliki tidak ada artinya. Sedangkan dalam era persaingan yang ketat seperti saat ini, pelangganlah yang menentukan kondisi perusahaan. Kepuasan merupakan tujuan utama dari pelaksanaan CRM ini.

Pergeseran Orientasi Pemasaran
Seperti yang telah diketahui bahwa dulu produk dibuat terserah pada produsennya tapi sekarang, orientasi seperti itu sudah bergeser. Pembuatan produk berorientasi pada pelanggan misalnya kondisi pelanggan, keinginan dan life style customer.Karena tanpa pelanggan produk tersebut tidak ada artinya.

Faktor penting dalam CRM:
  • Kepuasan pelanggan
  • Nilai yang diharapkan oleh pelanggan
Sifat dan cara membangun hubungan baik dengan pelanggan
  • 4 tingkatan hubungan dengan pelanggan ( Intim, Tatap Muka, Jauh, Jarang/Tidak Pernah)
  • Faktor Yang mempengaruhi sebuah hubungan
  • Apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan
Bagaimana Perusahaan Kecil Melakukannya
  • Nilai
  • Pelayanan Yang Hangat
  • Komunikasi
  • Apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan besar
Kesimpulan : Pemasaran dengan menejemen hubungan pelanggan akan mendapatkan hasil yang besar dalam jangka waktu yang lama, selian itu pemasaran bukan hanya sekedar transaksi melainkan hubungan sejati antara produsen dengan pelanggan.

Selamat mencoba Tips dari saya semoga bisnis anda lancar jaya dan jumlah pelanggan semakin banyak

1 comment:

  1. Cocok bgt deh tips ny untuk saya yang bekerja dengan bnyak orng...
    semoga aja tips ini bisa membuat sya jadi penyedia jasa yg baik :D

    eva andriani
    http:\\www.eva-diamond.blogspot.com\\
    http:\\www.oribizonline.com\user\evaandriani\\
    fb : eva_orion@yahoo.com

    ReplyDelete