Tuesday, August 4, 2009

Mata Minus sangat Mengganggu

Bagi penderita mata minus atau rabun jauh tentu saja sangat tidak nyaman. Lihat sana sini sudah tidak jelas, lihat tulisan apalagi. Saya termasuk golongan wanita berkacamata tersebut. Awal mulanya sih waktu kelas 2 smp, melihat tulisan di papan tulis kog sudah gak jelas ya?? Gara-gara masalah itu saya pernah salah mengerjakan soal ulangan, gimana gak salah orang soalnya beda dengan yang saya kerjakan.


Akhirnya saya memeriksakan ke Optik, ternyata benar mata saya minus 1 kanan kiri. Alhasil saya pake toples (red. kaca mata). Waktu pertama kali make rasanya keren, keliatan sperti orang pinter gitu (Kutu buku) tapi lama-kelamaan kog gak nyaman yah??? Maklumlah kaca mata kan gak bisa dipake kemana-mana, contohnya aja berenang. gak mgkin kan berenanga pake kaca mata. Yang Paling gak enak lagi kalo pas kaca mata ketinggalan, gak bisa liat apa2 coy!!!

Sampai saat ini (21 th) saya masih pake kacamata dengan minus yang bertambah menjadi 2.75. tambah tebel aja nih kaca. Karena ingin tampil beda, saya juga pernah pake yang namanaya softlens. Diawal pemakaian sih masih nyaman, tapi kelamaan juga gak enak, kayak ngganjel gitu di mata. Akhirnya back lagi pake kaca mata.
Pada dasarnya untuk penambahan sampai dengan 0,5 per tahun sebenarnya masih dapat dianggap wajar selama usia anda belum mencapai 18 tahun, jadi bila pertambahan besarnya minus anda sebesar 1,75 ini terjadi sebelum usia anda 18 tahun, hal tersebut masih dapat dikatakan dalam batas normal.

Pertumbuhan tubuh manusia secara signifikan biasanya mulai berhenti diusia 18 tahun, hal tersebut juga terjadi dalam perubahan bentuk bola mata. Seiring dengan perubahan tersebut, maka biasanya juga akan mempengaruhi bentuk bola mata yang juga berefek pada refraksi mata.
Untuk mengoreksi refraksi mata bisa dilakukan dengan tindakan medis, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan mulai dari tindakan operasi dengan penanaman lensa (dikenal dengan nama PHAKIC) ataupun tindakan koreksi refraksi dengan menggunakan laser atau yang sekarang ini dikenal dengan LASIK. Saat ini perkembangan LASIK juga mulai beragam, namun teknologi terbaru LASIK saat ini dikenal dengan iLASIK. Berdasarkan hasil pantauan dan referensi yang saya dapatkan tentang teknologi zLasik atau yang lainnya hanyalah produk pendahulu yang mengalami peremajaan nama saja. (lebih jauh tentang LASIK kita bahas dilain kesempatan)

Untuk menjaga kesehatan mata, direkomendasikan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan lainnya. Namun bila untuk menghilangkan minus anda secara alami, itu tidak mungkin. Sebaiknya anda selalu memeriksakan kesehatan mata anda 1 tahun sekali untuk selalu mengetahui kondisi mata anda dan untuk menghindari penyakit-penyakit mata yang berbahaya yang dapat menyebabkan kebutaan tanpa anda sadari seperti halnya glukoma.

No comments:

Post a Comment