Sunday, August 23, 2009

Menampilkan File/ Folder yang di hidden oleh Virus

Pada suatu pagi yang cerah, aku berniat melanjutkan pekerjaan ku yang kemaren. kebetulan fileku ada di dalam flashdisk dan belum aku backup di Komputer.
Tapi pada saat aku buka flashdisk. Aku tersentak kaget. Ups.....Folderku mana ya??? Kog yang tampil cuma file-file tapi foldernya gak ada??? Hiks@&^$%$
Ada yang aneh juga kalau dilihat dari kapasitasnya 1.5 G tapi yang ditampilkan cuma 0.5 G yang 1 G kemana??

Teman2 ada yang mengalami kejadian serupa dengan ku ga??
Yakin sudah menyimapan file dalam folder dan tiba-tiba foldernya hilang dan kalian juga gak merasa mengahpus itu folder. Btw, Folder kita kemana ya??

Yup. Benar sekali Folder kita dihidden oleh Virus. Kog bisa ya virus meng-hidden Folder kita?? Gini neh ceritanya.
Virus biasanya dalam menginfeksi dia menggunakan teknik pendekatan sosial, supaya virus tidak nampak seperti virus maka dia menyamar menjadi file atau folder yang ada didalam flashdisk kita.Kalo gitu jadi ada yang kembar dong sama file-file dan folder kita? Yups betul..oleh karena itu supaya tidak mencolok dan mengundang perhatian, maka file-file dan folder kita yang asli di hidden (disembunyikan).Dengan harapan waktu kita akan membuka file atau folder yang ada didalam flashdisk kita maka yang kita klik sebenarnya adalah file-file dan folder yang palsu yang sebenernya adalah virus.Dan bisa ditebak waktu kita klik file atau folder tersebut maka sebenarnya kita sedang membuat virus itu bekerja dan akhirnya menyerang komputer kita.Gawat banget kan ya?

Nah Kalo udah tau bakalan gawat kayak gitu terus gimana dunk cara membedakan itu file kita atau file virus?
Cara klasik dan paling mudah dilakukan adalah:
  • Buka flashdisk dengan windows explorer trus klik menu View Details, Selanjutnya jendela explorer akan berubah menjadi 4 kolom Name, Size, Type, Date Modified.
  • Nah liat di kolom Type, kalo File2 dan folder kita kecuali software typenya Application maka sudah bisa dipastikan kalo itu virus. knp? karena kalo itu folder seharusnya typenya adalah Folder dan kalo itu file typenya tergantung dari jenis filenya.Misalnya file Word maka harusnya typenya adalah Microsoft Office Word Document, atau file text harusnya typenya adalah Text Document, dsb.
  • Atau file2 yang berekstensi lain yang perlu dicurigai sebagai virus adalah file2 yang berekstensi sperti .vbs, .exe, .scr, .com.
Sekarang udah tau kan gimana bedakan file kita dengan virus. Makanya jangan sampai salah klik lagi ya!!

Flasdisk sudah discan dan virus sudah didelete tapi filedan folder kita yang asli yang di hidden oleh virus dan tidak bisa ditampilkan lagi, artinya masih tetap tersembunyi. Oleh karena itu kita perlu tampilkan kembali file dan folder kita dengan cara manual.Tapi sebelumnya kita perlu cek, apakah benar file dan folder kita masih ada didalam flashdisk. Cara melihat file dan folder yang dihidden adalah :
- buka flashdisk dengan windows explorer
- klik menu Tools > Folder Options
- klik view
- Pada pilihan Hidden Files and Folders pilih Show Hidden Files and Folders
- Hilangkan checklist pada pilihan hide extensions for known file types
- Hilangkan checklist pada pilihan Hide protected operating system files (Recomended)
- Klik OK
Kalo file dan folder kita masih ada, maka file dan folder tersebut akan terlihat tapi dengan tampilan transparan.

Masih tidak tampil file atau foldernya?? Hiks$##%# Jangan nangis dulu. Tenang saja masih ada satu cara lagi yang ampuh. Gini neh caranya:
  • klik menu Start > klik Run > ketik cmd > klik OK /Enter
  • Setelah itu jendela Dos /Command Prompt akan muncul
  • Menuju lokasi flashdisk kita, misalnya Flasdisk kita di drive E maka cukup dengan mengetikkan E : kemudian tekan enter.
  • setelah kita berada di direktori flashdisk kita, langkah selanjutnya adalah mengetikan perintah untuk mengubah properti file atau folder kita dari hidden menjadi unhidden/show. Ketikkan perintah berikut ini : attrib -s -h *.* /s /d (perhatikan spasinya!!), setelah itu Enter
  • kemudian untuk beberapa saat command prompt sepertinya tidak ada reaksi , artinya komputer kita sedang bekerja mengembalikan file/folder yang dihidden oleh virus.
  • jika command prompt sudah menunjukkan direktori flashdisk kita lagi, misalnya E: maka berarti file dan folder kita yang dihidden oleh virus sudah kembali normal.


No comments:

Post a Comment