Thursday, August 6, 2009

MERANTAU: Filem Action Indonesia

Kemarin saya habis nonton filem Merantau. Sebenarnya diajak teman saya (Red. Shanti), mulanya saya gak mau tapi karena di traktir ya mau mau aja (heheheheh). Pertama dalam hati "Kog nonton Filem Indo sih? Apa gak da filem yang lain ya???" Biasalah mainset q terhadap Filem Lokal emang udah down. "Paling gak jauh beda ama Paku Kuntilanak atau filem komedi lain yang GEJEBE( Red. Gak jelas Balassssssss) Alias Nggilaniwati.
Sekali lagi karena gratisan ya nonton aja. Tapi ternyata BAGUS BANGET.


Gini neh Sinopsisnya:
Yudha (Iko Uwais) seorang anak muda asal Minangkabau yang akan merantau ke Jakarta karena merantau sudah menjadi tradisi bagi anak laki-laki disana. Berbekal ilmu Silat harimau yang dimilikinya ia berharap bisa bertahan hidup dengan mengajar ilmu Silat. Meskipun sang Amak (Christine Hakim) sudah menahan agar anak bungsunya itu tak pergi, tapi tekat bulat Yuda tak bisa dicegah. Akhirnya dengan restu Ibu dan keluarganya termasuk guru silatnya, ia pergi ke jakarta dengan Bus.

Di bus, Yuda bertemu dengan seorang laki-laki yang bernama Erik (Yayan Ruhian). Erik bercerita pada Yuda tentang pengalamannya selama Merantau di Jakarta. Erik pun juga mengingatkan Yuda agar mengurungkan niatnya ke Jakarta tapi tak berhasil.
Hari pertama di Jakarta, masalah sudah menghampirinya. Rumah saudara yang akan dijadikan tempat menginap ternyata sudah rata dengan tanah. Tapi Yuda tak mau pulang ke Minang secepat itu.
Pertemuan dengan bocah kecil bernama Adit (Yusuf Aulia) berawal ketika Adit mencoba mencuri dompet Yuda. Akhirnya kejar-kejaran pun terjadi di lorong-lorong sempit dan selokan. Pengejaran pun terhenti ketika mereka mendengar suara adu mulut seorang gadis yang tak lain adalah Astri (Sisca Jessica) kakak Adit dengan laki-laki Johny (Alex Abbad). Johny memperlakukan Astri sangat kasar bahkan mencekik leher Astri dan menendang Adit yang mencoba menolong kakaknya. melihat kejadian itu, yuda langsung geram dan melumpuhkan johni dengan ilmu silatnya. Brukkk, Johny tak berani melawan. Dari sinilah masa depan Yuda dimulai. Keluguhan Yuda menyeretnya ke dalam masalah yang jauh lebih besar. Yuda tak tahu siapa johny, yang tak lain adalah mucikari yang terlibat jaringan mafia penjualan gadis di bawah pimpinan Ratger (Mats Koudal). Astri yang ditolong tidak berterima kasih malah memaki Yuda, menganggap Yuda memberinya masalah baru.

Aksi laga dimulai ketika Yuda sedang telepon ibunya, di seberang lorong melihat Astri diseret oleh anak buah Johny dan dipukuli. Serentak yuda menutup telpon dan menghampiri mereka. Pertarungan pun berlangsung, namun yuda ambrukk tak kuasa melawan 4 anak buah johny.
Setengah tersadar akhirnya Yuda mulai bangkit, mengumpulkan segenap tenaganya dan measuk ke gogo Club milik Johny untuk menyelamatkan Astri. Setelah melawan semua anak buah Johny, akhirnya Yuda sampai ke sebuah ruang tempat Astri dibawa Johny. Dengan menendang pintu kaca, Yuda berhasil masuk dan langsung membawa lari Astri.
Aksi silat Yuda tak kalah seru dengan aksi Jacky Chan, efek-efek yang ditimbulkan selama pertarungan sangat bagus, seperti nyata. Tapi ada yang kurang, Warna darahnya kog Pink ya????
lagi-lagi aksi Yuda malah menyeretnya ke dalam masalah yang jauh lebih besar. Boss ratger merasa sangat marah dan mengerahkan seluruh anak buah Johny mencari Astri dan Yuda.
Astri, Yuda dan Adit kini dalma masalah yg sangat besar, bahkan rumah Astri pun sudah tak aman lagi.
Keberadaan mereka tercium anak buah Johny pada saat Yuda ke rumah Astri untuk mengambil uang. Pertarungan sengit pun kembali terjadi.


Selain Action, dalam filem ini juga ada rasa humornya. Waktu Yuda dikejar pengendara motor di lorong tiba-tiba di ujung jalan ada orang di ujung jalan. Yuda mengejar orang itu, ta kirain mau nolong biar gak ketabrak tapi ternyata....Yuda menarik handuk ornag itu dan Brukkkkk...... Pengendara motor jatuh. Spontan penonton ketawa terbahak-bahak. Benar2 gak nyangka.





Astri dan Adit melaikan diri sebisanya, tapi Astri tertangkap dan Adit bersembunyi di balik lubang yang tertutup seng bekas.
Yuda harus menyelamatkan Astri, Setelah menyerahkan uang Astri ke Adit Yuda menuju klub milik Johny. pertarungan kembali terjadi. Bahkan kali ini Yuda harus melawan Erik di dalam Lift menuju lantai 14. Kini Erik menjadi anak buah Johny. Yuda beruntung, dia bisa melumpuhkan Erik dengan jurus harimaunya. Pintu lift terbuka, mereka disambut oleh 2 orang bersenjata yang menembakkan pistol ke tubuh erik hingga tak bernyawa lagi. Yuda selamat dan langsung menghajar 2 orang tersebut.

Astri sudah tak ada di ruangan. Dua bule telah membawanya pergi ke suatu tempat. Astri dimasukkan ke dalam Box Container bersama puluhan Perempuan yang lain. Yuda berhasil mengikutinya. Dua bule itu membawa puluhan anak buah yang akan melawan yuda. Tapi semuanya habis. Kini tinggal 2 bule yang harus dilawan Yuda. Pertarungan dengan 2 bule itu cukup lama dan akhirnya Yuda menang. kemudian membebaskan seluruh perempuan di dalam Box itu tak terkecuali Astri. Yuda tak beruntung, Ratger ternyata masih hidup dan menyerangnya dari belakang dengan besi dan Ahhhhhhh........... besi itu nancap di perut Yuda. Yuda mati.... (bagian ini yang aq gak suka, Kog mati sih?????)
Finally, Yuda menyerahkan Tasbih pemberian Amak ke Astri dan meminta Astri mengembalikan ke Ibunya di Minangkabau. Ya gitu deh, di Akhir cerita Astri dan Adit tinggal di rumah Yuda. Astri memetik Tomat dan Adit bisa sekolah.

Kalo masih penasaran, mending nonton aja Filemnya.




5 comments:

  1. wah, aku wes review tapi durung nonton

    ReplyDelete
  2. Mosok sih Mas Luqman belum nonton. Bagus banget loh Filemnya. Kemaren Premirenya. Tapi sayangnya di Surabaya cuma ada di DELTA.

    ReplyDelete
  3. Filmny bagus bgt nih!!!
    Kuereeeen....!!!
    Btw,
    jalan ceritany mirip bgt ama kisahnya jackie chan!!!
    Huebaaat!!!
    nonton ah!!!
    tp biaya tiketnya mahal bgt!!!
    msa nonton ajah butuh Rp. 5.015.000,-
    (tiket PP jypr-makassar 5 juta n tiket nonton 15 ribu)

    ReplyDelete
  4. ah,kalian ini...lha wong pilem udah diPUTER GRATIS di RCTI,,,kok masih bingung...Aku aja ampe' keblinger....bener2 lelaki sejati...Iko,,,Oh,Iko...

    ReplyDelete